25 October 2009

California - Catatan Ringkas

Karena ini akhir minggu, saya akan mengganti topik dulu dari Google ke sesuatu yang lain. Kali ini saya akan menulis tentang negara bagian California.

California (dibaca: Kalifornia) adalah negara bagian dengan kepadatan tertinggi di USA dengan luas daerah terbesar ketiga. Di Benua Amerika, kepadatan penduduk California adalah nomor dua setelah Sao Paulo, Brazil. California terletak di pantai barat USA, bagian utara berbatasan dengan negara bagian Oregon, timur laut berbatasan dengan Nevada, tenggara berbatasan dengan Arizona, selatan berbatasan langsung dengan Mexico, negara bagian Baja California, dan Lautan Pasifik di sebelah barat. Empat kota terbesar California adalah Los Angeles, San Diego, San Jose, dan San Francisco. California adalah negara bagian dengan kota metropolitan terbesar ke-2 dan ke-6 dan juga delapan kota terbesar di USA. California terkenal dengan iklim dan geografi yang bervariasi, juga aneka ragam penduduknya.

Pusat California didominasi oleh Lembah Tengah (Central Valley), salah satu daerah agrikultur dengan produktifitas tertinggi di dunia. Geografi California adalah salah satu yang paling beragam di USA, terdiri dari daerah tertinggi (Gunung Whitney) dan terendah (Lembah Kematian/Death Valley) di USA.


Bermula dari abad ke-18, daerah yang dikenal dengan nama Alta California diduduki oleh Kerajaan Spanyol. Pada tahun 1821, Mexico, termasuk Alta California, menjadi negara merdeka. Pada tahun 1846 satu group penduduk Amerika di daerah Sonoma mendeklarasikan kemerdekaan Republik California. Sebagai hasil dari perang Mexico-Amerika, Mexico menyerahkan California ke USA. California menjadi negara bagian USA ke-31 pada tanggal 9 September 1850.



Di abad ke-19, 'Demam Emas California' (California Gold Rush) membawa perubahan dramatis, dengan kedatangan banyak orang dan ekonomi yang memuncak yang menyebabkan San Francisco bertumbuh dari daerah dusun menjadi kota yang sangat dikenal di dunia. Beberapa perkembangan yang sangat penting di awal abad ke-20 adalah munculnya Los Angeles sebagai pusat dari industri hiburan di Amerika, dan pertumbuhan sektor pariwisata. Selain industri agrikultur, beberapa sektor lain yang penting bagi California antara lain adalah ruang angkasa, bahan bakar, dan teknologi informasi (IT/Information Technology). Jika California adalah sebuah negara, peringkat California di bidang ekonomi termasuk dalam 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia dengan GDP sebesar GDP-nya Italia. Jika California adalah sebuah negara, California akan berada di peringkat ke-35 dalam hal jumlah penduduk.

No comments:

Post a Comment