30 October 2009

Google - Catatan 10

Platform

Google menjalankan servis-nya dari beberapa ladang server mereka. Setiap ladang server terdiri dari beribu-ribu komputer kelas bawah dengan sistem operasi Linux yang sederhana. Walaupun Google tidak pernah memberikan keterangan resmi tentang perangkat keras mereka, sebuah perkiraan pada tahun 2006 menyatakan bahwa Google menjalankan 450 ribu servers di pusat data di seluruh dunia. Google memiliki sekitar 24 ladang server di seluruh dunia dengan konfigurasi yang beragam. Ladang server Google di The Dalles, Oregon ditenagai oleh hidrolistrik sekitar 50 megawatt.

Urusan dan Kebudayaan Perusahaan


Google dikenal untuk kebudayaan perusahaannya yang tidak resmi, dimana variasi logo perusahaan sebagai sebuah indikasi. Pada tahun 2007 dan 2008, majalah ternama Fortune menempatkan Google di tempat teratas sebagai perusahaan terbaik untuk bekerja. Filosofi perusahaan Google juga terdiri dari prinsip yang kasual seperti "kamu dapat menghasilkan uang tanpa berbuat jahat" (you can make money without doing evil), "kamu dapat menjadi serius tanpa mengenakan jas" (you can be serious without a suit), dan "pekerjaan haruslah menantang dan tantangan harus menyenangkan" (work should be challenging and the challenge should be fun).


Google telah dikritik untuk membayar gaji di bawah standar. Salah satu contohnya, beberapa admin sistem hanya dibayar US$35.000 per tahun - termasuk sangat rendah untuk pasar kerja di Bay Area. Tetapi, prestasi saham Google sejak penawaran publik mereka telah memungkinkan banyak karyawan awal Google menghasilkan cukup uang dengan mengikuti program perkembangan saham perusahaan.

Setelah penawaran awal kepada publik pada bulan Agustus 2004, pendiri Sergey Brin dan Larry, dan CEO Eric Schmidt dilaporkan hanya menerima gaji dasar sebesar US$1 per tahun. Walaupun telah ditawarkan berulang kali untuk menaikan gajinya, mereka menolak karena pendapatan utama mereka adalah dari kepemilikan mereka di Google. Sebagai pemegang saham dengan jumlah saham yang sangat berarti, kekayaan pribadi mereka berhubungan erat dengan kenaikan dan performansi saham Google. Sebelum tahun 2004, Eric Schmidt dilaporkan menerima gaji sebesar US$250.000 per tahun, dan pendiri Google, Sergey dan Larry masing-masing menerima US$150.000 per tahun.


Mereka semua telah menolak tawaran dari perusahaan untuk bonus dan kenaikan gaji. Pada tahun 2007, majalah Forbes melaporan Sergey Brin dan Larry Page sebagai orang terkaya ke-5, dengan kekayaan masing-masing US$18,5 miliar.


Pada tahun 2007 dan awal 2008, Google telah menyaksikan kepergian beberapa orang top-nya. Gideon Yu, mantan CFO YouTube, salah satu unit Google, bergabung ke Facebook bersama dengan Benjamin Ling, salah satu petinggi insinyur yang keluar pada bulan Oktober 2007. Pada bulan Maret 2008, dua pemimpin senior Google mengumumkan keinginan mereka untuk mengejar kesempatan lain. Sheryl Sandburg, mantan wakil presiden bidang penjualan global dan operasi bergabung dengan Facebook sebagai COO dan Ash ElDifrawi, mantan kepala periklanan, keluar dan menjadi CMO di Netshops.


Praktek Google untuk mengumpulkan data pribadi pengunanya telah mengakibatkan keprihatinan menyangkut rahasia pribadi penggunanya. Pada 11 Desember 2007, Google, seperti mesin pencari Microsoft, menyimpan informasi pribadi selama 18 bulan. Sebagai perbandingan AOL (Time Warner) menyimpan informasi pribadi untuk 13 bulan dan Yahoo! untuk 90 hari.

No comments:

Post a Comment