31 October 2009

Google - Catatan 11: Kompleks Perkantoran Google

Kantor pusat Google di Mountain View, California, sering dipanggil sebagai "Googleplex" atau komplek bangunan perkantoran Google. Lobi kantor Google dihias dengan sebuah piano, lampu lava, sekumpulan server tua, dan proyeksi dari rumus pencarian di dinding. Jalan masuk ke dalam kantor dipenuhi oleh bola untuk latihan gerak badan dan sepeda. Setiap karyawan memiliki akses ke pusat rekreasi perusahaan. Fasilitas rekreasi dapat ditemui di seluruh daerah kompleks perkantoran termasuk ruang untuk latihan badan (fitness), kotak penyimpanan barang, tempat mencuci dan mengeringkan baju, ruang pijat, berbagai macam permainan elektronik dan non-elektronik, sebuah piano besar, meja biliar, dan meja ping pong. Sebagai tambahan, ruang snack juga dapat ditemui dimana-mana dengan berbagai macam makanan ringan dan minuman.

Pada tahun 2006, Google menyewa sebuah kantor di kota New York dengan luas 28.900 meter persegi dengan alamat di 111 Eight Ave di sekitar Manhattan. Kantor ini didesain dan dibangun khusus untuk Google dan merupakan kantor bagi tim penjualan iklan terbesar Google yang telah memainkan peranan sangat penting dalam kerjasama penting Google, seperti MySpace dan AOL. Pada tahun 2003, Google telah menambahkan karyawan insinyur di New York. Tim insinyur ini bertanggung jawab untuk lebih dari 100 projek Google seperti Google Maps, Google Spreadsheets, dan projek-projek lainnya. Diperkirakan Google mengeluarkan biaya sekitar US$10 juta per tahun untuk kantor New York mereka. Kantor Google di New York memiliki fasilitas yang mirip dengan kantor pusat di Mountain View, California, seperti permainan elektronik dan non-elektronik. Pada bulan November 2006, Google membuka kantor di kampus Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh. Pada akhir 2006, Google juga membuka kantor pusat baru untuk divisi AdWords di Ann Arbor, Michigan.

Google mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa operasi mereka selalu memperhatikan lingkungan. Pada bulan Oktober 2006, Google mengumumkan rencana mereka untuk menggunakan tenaga matahari untuk menghasilkan sekitar 1,6 megawatt listrik yang cukup untuk memenuhi 30% dari kebutuhan listrik kantor pusat Google. Projek ini adalah sistem tenaga matahari terbesar di USA untuk perkantoran dan juga salah satu yang terbesar di dunia. Google telah menghadapai beberapa kritikan dari majalah Harper's yang mengatakan bahwa mereka menggunakan kampanye tenaga matahari ini untuk menutupi jumlah tenaga listrik yang sebenarnya diperlukan oleh Google untuk ladang-ladang server mereka.

Pada tahun 2009 Google mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan kambing untuk menjaga agar rerumputan di sekitar Googleplex selalu pendek.

No comments:

Post a Comment