20 October 2009

Google - Catatan 2: Sejarah

Sejarah

Google dimulai pada Januari 1996 sebagai proyek penelitian oleh Larry Page. Sergey Brin bergabung dengan Larry Page tidak lama kemudian ketika mereka bersama-sama menjadi murid PhD di Universitas Stanford. Larry dan Sergey membuat hipotesis bahwa mesin pencari (search engine) yang menganalisa hubungan antara websites akan menghasilkan ranking yang lebih baik dibandingkan teknik yang ada waktu itu yang mengurutkan hasil pencarian berdasarkan berapa kali kata atau ungkapan yang dicari muncul di satu halaman. Mesin pencari mereka pertama diberi nama "BackRub" yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia kata per kata artinya "menggosok punggung". Nama ini diberikan karena sistem ini memeriksa kembali "backlinks" untuk memperkirakan seberapa pentingnya sebuah site. "Backlink" dalam arti sederhana adalah hubungan yang diterima oleh sebuah titik di jaringan internet (halaman internet, direktori, website, or domain tingkat tinggi) dari titik lain di jaringan internet. Pada waktu yang bersamaan mesin pencari lain yang dinamakan "Rankdex" telah mencoba strategi yang sama.


Setelah yakin bahwa halaman internet dengan hubungan paling banyak ke mereka adalah halaman internet yang paling relevan dengan apa yang dicari, Larry dan Sergey mencoba tesis mereka sebagai bagian dari program sekolah mereka, dan menyiapkan fondasi untuk mesin pencari mereka. Awalnya, mesin pencari itu menggunakan website Universitas Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com didaftarkan pada tanggal 15 September 1997, dan perusahaan diresmikan sebagai Google Inc. pada tanggal 4 September 1998 di salah satu garasi teman mereka di daerah Menlo Park, California. Jumlah investasi yang berhasil dikumpulkan untuk perusahaan baru tersebut sekitar US$1,1 juta, termasuk investasi sebesar $100.000 dari Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems.


Pada Maret 1999, Google pindah ke perkantoran di daerah Palo Alto, daerah yang banyak ditempati oleh perusahaan-perusahaan baru (startups) di Lembah Silikon (Silicon Valley). Setelah dengan cepat tumbuh dan pindah sebanyak dua kali di Palo Alto, Google pindah ke Mountain View, California, dengan alamat 1600 Amphitheatre Parkway yang disewanya dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003. Google tidak pindah lagi sejak saat itu dan belakangan dikenal dengan nama Googleplex. Pada tahun 2006, Google membeli kantor itu dari SGI seharga US$319 juta.


Mesin pencari Google telah menarik pengikut setia dari pengguna internet yang menyukai desain sederhana dan hasil pencarian yang berguna. Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci yang dicari. Iklan di Google ada berdasarkan kata-kata untuk menjaga desain halaman yang bersih dan untuk memaksimalkan kecepatan untuk memunculkan halaman hasil pencarian. Kata-kata kunci dijual berdasarkan kombinasi dari harga lelang dan klik lewat (clickthrough) dengan lelang dimulai pada harga US$0,05 (5 cents) per klik. Model penjualan iklan dengan kata kunci dimulai oleh Goto.com (kemudian dinamakan Overture Services, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Yahoo! dan dinamakan Yahoo! Search Marketing). Di kemudian hari, Overture menuntut Google atas tuduhan pelanggaran patent milik Overture untuk sistem 'bayar-untuk-penempatan' (pay-for-placement). Overture juga kemudian menuntut Google atas tuduhan pelanggaran patent milik Overture untuk 'bayar-per-klik' (pay-per-click) dan lelang berdasarkan servis Google's AdWords. Kasus ini diselesaikan di luar pengadilan dengan Google setuju untuk memberikan sahamnya ke Yahoo! untuk mendapatkan ijin menggunakan patent milik Overture/Yahoo! untuk selamanya.


Patent tentang sistem pengurutan/ranking Google akhirnya diterima pada tanggal 4 September 2001. Patent itu resminya ditujukan untuk Universitas Stanford dan mendaftarkan Lawrence Page (Larry Page) sebagai penemunya.

No comments:

Post a Comment