21 October 2009

Google - Catatan 3

Nama

Nama "Google" berasal dari salah pengejaan dari kata "googol" yang mempunyai arti 10100, angka yang mewakilkan angka 1 diikuti oleh 100 angka 0 (nol). Setelah digunakan secara luas sebagai kata sehari-hari, kata kerja "google" ditambahkan ke kamus Merriam Webster dan bahkan kamus bahasa Inggris Oxford pada tahun 2006. Kata "google" di kamus tersebut diartikan "untuk menggunakan mesin pencari Google untuk mendapatkan informasi di internet."


Keuangan dan Penawaran kepada Publik

Investasi pertama Google sebagai perusahaan didapatkan pada Agustus 1998 sebanyak US$100.000 dari Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystems. Investasi tersebut diberikan ke perusahaan yang saat itu bahkan belum berdiri.

Pada tanggal 7 Juni 1999, investasi sebanyak US$25 juta diumumkan. Investor-investor utama pada putaran ini adalah dua lembaga investasi swasta yang bersaing, yaitu Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequoia Capital.


Saham Google ditawarkan kepada publik pada tanggal 19 Agustus 2004. Sekitar 19 juta lembar saham Google ditawarkan pada harga US$85 per lembar. Penjualan saham ini memberikan perkiraan nilai perusahaan Google lebih dari US$23 miliar. Sebagian besar dari total 271 juta lembar saham Google masih dibawah kontrol Google. Banyak karyawan Google pada saat itu mendadak menjadi miliuner. Salah satu saingan Google, Yahoo!, juga merasakan manfaat dari penawaran kepada publik Google sebab sekitar 10 hari sebelum penawaran kepada publik, Yahoo! memegang sekitar 8,4 juta lembar saham Google.


Performansi saham Google pasca penawaran kepada publik telah sangat baik, saham Google pernah mencapai harga US$700 per lembar untuk pertama kali-nya pada tanggal 31 Oktober 2007 yang dikarenakan performansi yang sangat kuat dari penjualan iklan dan juga peluncuran produk baru seperti fungsi pencari desktop dan halaman internet pribadi iGoogle.


Perusahaan Google terdaftar di NASDAQ dengan simbol GOOG dan di Bursa Saham London dengan simbol GGEA.


Pertumbuhan


Walaupun bisnis utama Google adalah di bidang isi/informasi di internet, Google telah bereksperimen di pasar lainnya, seperti radio dan percetakan. Pada tanggal 17 Januari 2006, Google mengumumkan pembelian sebuah perusahaan iklan radio "dMarc". Perusahaan ini menyediakan sistem yang memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk memasang iklan di radio. Ini memberikan kesempatan kepada Google untuk menggabungkan dua pasar terfokus - internet dan radio - dengan kemampuan yang Google miliki untuk fokus pada keinginan konsumen. Google juga telah bereksperimen menjual iklan di media cetak seperti suratkabar dan majalah.


No comments:

Post a Comment