22 October 2009

Google - Catatan 4: Akuisisi

Catatan 4 tentang Google ini bagi saya pribadi adalah bagian yang paling menarik.Seperti kebanyakan perusahaan-perusahaan di Lembah Silikon yang sedang tumbuh dengan pesat atau yang sudah menjadi raksasa, salah satu cara untuk tumbuh lebih cepat atau menambah pertumbuhan adalah dengan mengakuisisi perusahaan lain atau teknologi lain.


Sampai dengan saat ini, akuisisi terbesar yang dilakukan Google adalah pembelian perusahaan DoubleClick, sebuah perusahaan periklanan online, seharga US$3,1 miliar. Dikarenakan ukuran dari akuisisi ini, departemen anti monopoli USA menghabiskan waktu hampir satu tahun untuk menginvestigasi akuisisi ini sampai akhirnya menyetujui-nya. Mayoritas perusahaan yang diakuisisi Google berpusat di USA, dan sebagian besar berpusat di daerah sekitar San Francisco Bay Area. Sampai dengan September 2009, Google telah mengakuisisi 55 perusahaan.

Pada tahun 2004, Google mengakuisisi Keyhole, Inc. yang mengembangkan sebuah produk yang dikenal sebagai Earth Viewer, yang kemudian dinamakan Google Earth pada tahun 2005. Pada akhir 2006, Google mengakuisisiYouTube seharga US$1,65 miliar dalam bentuk saham. Tidak lama setelah itu, pada tanggal 31 Oktober 2006, Google mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi JotSpot, pengembang teknologi wiki untuk website kolaborasi.


Pada tanggal 13 April 2007, Google mencapai perjanjian untuk membeli DoubleClick seharga US$3,1 miliar. Pada 2 Juli 2007, Google membeli GrandCentral seharga US$50 juta. Pada tanggal 9 Juli 2007, Google mengumumkan akuisisi mereka atas Postini untuk memasuki pasar baru, pasar enterprise. Pada tanggal 5 Agustus 2009, Google mengakuisisi perusahaan publik untuk pertama kalinya, On2 Technologies, seharga US$106,5 juta.

Di bawah ini adalah daftar dari perusahaan-perusahaan yang dibeli Google atau dimana Google ikut serta sebagai investor.




 

No comments:

Post a Comment