26 October 2009

Google - Catatan 6: Kerjasama

Salah satu hal yang sangat penting dalam mengembangkan perusahaan adalah kerjasama dengan organisasi-organisasi lain, kadang-kadang termasuk perusahaan saingan. Perusahaan sebesar Google pun untuk mendukung pertumbuhannya sangat aktif dalam membangun kerjasama dengan organisasi lain.


Pada tahun 2005, Google memasuki perjanjian kerjasama dengan beberapa agen pemerintah dan perusahaan lain untuk mengembangkan produk dan servis mereka. Google mengumumkan kerjasama dengan Pusat Penelitian Ames milik NASA untuk membangun 93 ribu meter persegi perkantoran dan mengerjakan projek penelitian yang melibatkan manajemen data untuk skala raksasa, teknologi nano, komputer terdistribusi, dan kewirausahaan untuk industri ruang angkasa. Google juga memasuki kerjasama dengan Sun Microsystems pada bulan Oktober 2005 untuk membantu menyebarluaskan teknologi mereka. Google juga bekerjasama dengan AOL milik Time Warner untuk mengembangkan servis pencarian video.


Pada tahun yang sama, Google menjadi investor keuangan utama untuk domain tingkat tinggi .mobi untuk alat bergerak. Google bekerja sama dengan beberapa perusahaan lain antara lain Microsoft, Nokia, dan Ericsson untuk projek ini. Pada bulan September 2007, Google meluncurkan, "Adsense untuk alat bergerak" (Adsense for Mobile), sebuah servis untuk rekan kerjasama di bidang periklanan. Servis ini menyediakan kemampuan untuk menghasilkan pendapatan dari halaman internet untuk alat bergerak mereka dengan cara peletakan iklan dalam bentuk teks untuk alat bergerak. Selain itu, Google juga mengakuisisi sebuah perusahaan internet untuk membangun jaringan sosial untuk alat bergerak, Zingku.mobi, untuk menyediakan akses langsung ke Google dan informasi yang diperlukan langsung dari alat bergerak orang-orang di seluruh dunia.


Pada tahun 2006, Google dan Fox Interactive Media yang dimiliki oleh News Corp. memasuki perjanjian kerjasama senilai US$900 juta untuk menyediakan pencarian dan iklan di jaringan sosial online, MySpace.


Google telah mengembangkan kerjasama dengan GeoEye untuk meluncurkan satelit memberikan Google dengan gambar-gambar resolusi tinggi (0.41 juta monokrom, 1.65 juta warna) untuk Google Earth. Satelit ini diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vanderberg pada tanggal 6 September 2008.


Pada tahun 2008, Google mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan arsip foto-foto dari majalah Life sebagai bagian dari karya bersama. Beberapa foto di arsip tidak pernah dipublikasi di majalah.

No comments:

Post a Comment