27 October 2009

Google - Catatan 7: Produk & Servis 1

Google telah mengembangkan servis dan peralatan untuk publik umum dan juga untuk kalangan bisnis, termasuk aplikasi internet, jaringan periklanan dan solusi untuk kalangan bisnis.

Periklanan

99% pendapatan Google dihasilkan dari bisnis periklanan mereka. Untuk tahun fiskal 2006, pendapatan Google dilaporkan sebesar US$10,49 miliar dari iklan dan hanya US$112 juta dari lisensi dan pendapatan lainnya. Google memiliki kemampuan untuk mengikuti apa yang menarik perhatian pengguna internet dari jaringan rekan bisnis mereka menggunakan teknologi DoubleClick dan Google Analytics. Google menerapkan harga lebih rendah untuk iklan yang menurut sebuah tim di Google akan meningkatkan pengalaman dari pengguna. Google AdWords memungkinkan pemasang iklan di internet untuk menunjukan iklan di hasil pencarian Google dan jaringan isi Google, dengan cara pembayaran berdasarkan klik atau pembayaran berdasarkan tinjauan. Pemilik halaman internet Google AdSense juga dapat menunjukan iklan di halaman internet mereka dan menghasilkan uang setiap kali iklan diklik oleh pengunjung. Mulai Maret 2009, Google menggunakan target kebiasaan berdasarkan ketertarikan pengguna.


Google juga telah dikritik oleh pengiklannya karena tidak mampu memerangi kecurangan klik, ketika seseorang atau program otomatis digunakan untuk mengklik iklan sehingga pengiklan harus membayar biaya iklan tanpa ada ketertarikan pada produk atau apa yang ditawarkan pengiklan. Laporan di industri mengatakan bahwa kurang lebih 14% - 20% dari klik adalah kecurangan atau tidak sah.


Pada Juni 2008, Google mencapai perjanjian iklan dengan Yahoo!. Perjanjian ini membolehkan Yahoo! untuk memasang iklan Google di halaman internet mereka. Perjanjian ini tidak pernah terealisasikan karena kekhawatiran antitrust oleh Departemen Peradilan USA. Sebagai hasilnya, Google menarik dari dari perjanjian ini pada November 2008.

No comments:

Post a Comment