28 October 2009

Google - Catatan 8: Produk & Servis 2

Perangkat Lunak (Software)

Mesin pencari internet adalah servis paling populer Google. Pada Agustus 2007, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di internet dengan pangsa pasar 53,6%, diikuti oleh Yahoo! (19,9%) dan Live Search dari Microsoft (12,9%). Google mengindeks bermiliar-miliar halaman internet, sehingga pengguna internet dapat mencari information yang mereka inginkan melalui penggunaan kata kunci dan penghubung, walaupun Google hanya akan memberikan maksimum 1.000 hasil pencarian untuk setiap pencarian.


Pada awal 2006, Google meluncurkan Google Video yang memungkinkan pengguna untuk memindahkan video ke internet, dan mencari dan menonton video dari internet. Pada tahun 2009 servis ini dihentikan oleh Google.

Selain aplikasi di internet, Google juga telah mengembangkan beberapa aplikasi untuk komputer desktop, termasuk di antaranya adalah Google Desktop (mesin pencari untuk komputer lokal), Picasa (aplikasi untuk manajemen foto dan gambar), dan Google Earth program interaksi untuk pemetaan bumi dengan menggunakan gambar dari satelit yang meliputi bagian besar dari bumi. Untuk beberapa kota besar, Google Earth memiliki gambar yang sangat jelas sampai dapat melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas. Sebagai akibatnya, ada beberapa kekhawatiran tentang implikasi kemampuan ini dari segi keamanan nasional. Beberapa orang mengatakan bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk mengetahui lokasi fisik dari lokasi-lokasi penting. Namun, gambar-gambar dari satelit yang digunakan Google Earth tidak selalu diperbaharui, dan semua gambar-gambar tersebut tersedia untuk gratis dari produk lain atau dari sumber pemerintah.

Google telah mempromosikan produk mereka melalu beragam cara. Di London, Google Space dibuat di bandar udara Heathrow, memeragakan beberapa produk Google, termasuk Gmail, Google Earth dan Picasa. 


Pada tahun 2007, beberapa laporan menemukan bahwa Google berencana untuk membuat dan menjual handphone, kemungkinan akan menjadi saingan iPhone dari Apple. Projek yang dinamakan Android ternyata bukan telpon tetapi sistem operasi. Sistem operasi ini memberikan cara untuk mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan dengan Android dan tidak tergantung pada pembuat handphone-nya. Pada bulan September 2008, T-Mobile USA mulai menjual handphone pertama yang menggunakan platform Android, dinamakan G1.

Google Translate atau Alat Bahasa Google adalah servis penerjemah di sisi server, yang dapat menerjemahkan 35 bahasa.

Pada 1 September 2008, Google mengumumkan kedatangan Google Chrome, aplikasi untuk melihat halaman internet (web browser), yang disediakan untuk umum pada tanggal 2 September 2008.

Pada tanggal 7 Juli 2009, Google mengumumkan projek untuk mengembangkan sistem operasi Google Chrome, sistem operasi berbasis Linux.

No comments:

Post a Comment