29 October 2009

Google - Catatan 9: Produk & Servis 3

Gmail


Gmail adalah servis email gratis dari Google yang juga menyediakan POP3 dan IMAP servis. Di Inggris dan Jerman, servis ini secara resmi dikenal dengan nama Google Mail.

Pada peluncuran pertamanya sebagai versi percobaan (versi beta) pada tanggal 1 April 2004, pengguna harus diundang dahulu sebelum bisa mendaftar. Servis ini tersedia untuk publik pada tanggal 7 Februari 2007. Pada Juli 2009 servis ini memiliki 146 juta pengguna setiap bulannya. Servis ini meninggalkan versi percobaan pada tanggal 7 Juli 2009 bersamaan dengan aplikasi-aplikasi lainnya dalam paket Google Apps.

Dengan kapasitas penyimpanan awal sebesar 1GB per pengguna, Gmail memberikan tambahan yang sangat berarti dari servis email lainnya yang menawarkan antara 2MB sampai dengan 4MB pada saat itu. Gmail saat ini menawarkan kurang lebih 7,35GB penyimpanan gratis dengan tambahan kapasitas antara 10GB sampai dengan 400GB dengan biaya antara US$20 sampai dengan US$500 per tahun.

Pada Februari 2006, Google meluncurkan Gmail Chat, sebuah aplikasi untuk berbincang-bincang langsung dalam aplikasi Gmail. Aplikasi ini menggunakan konsep yang sama dengan Google Talk.


Gmail memiliki tampilan yang berorientasi pada pencarian (search) dan "tampilan perbincangan" (conversation view) yang mirip dengan forum internet. Pengembang perangkat lunak mengenal Gmail sebagai pelopor pengguna teknik pemrograman Ajax.


Gmail beroperasi dalam Google Servlet Engine dan Google GFE/1.3 yang menggunakan teknologi Linux.


Produk untuk Bisnis


Google memasuki pasar bisnis pada Februari 2002 dengan meluncurkan mesin pencari Google, yang ditargetkan untuk menyediakan teknologi pencarian untuk organisasi ukuran besar. Sedangkan untuk organisasi yang lebih kecil, Google meluncurkan Mini pada tahun 2005.



Pada akhir 2006, Google mulai menjual edisi bisnis untuk pencarian khusus (Custom Search Business Edition), produk ini memberikan tampilan pencarian bebas iklan untuk pelanggannya. Pada tahun 2008, Google mengganti nama produk ini menjadi tempat pencarian Google (Google Site Search).


Pada tahun 2007, Google meluncurkan edisi premier Google Apps, versi dari Google Apps yang ditargetkan khususnya untuk pengguna bisnis. Servis ini memberikan tambahan kemampuan seperti tambahan kapasitas untuk e-mail, akses ke API (Application Programming Interface), dan dukungan ekstra. Harga untuk servis ini adalah US$50 per tahun per pengguna. Salah satu pengguna terbesar Google Apps dengan 38 ribu pengguna adalah Universitas Lakehead di Thunder Bay, Ontario, Kanada.


Juga pada tahun 2007, Google mengakuisisi Postini dan melanjutkan untuk menjual teknologi Postini sebagai Google Security Services.

No comments:

Post a Comment