04 November 2009

Facebook - Catatan 1

Catatan ke-12 Google adalah catatan terakhir untuk sementara. Posting tentang Google jika ada akan lebih pada berita-berita panas mengenai Google, contohnya akuisisi baru oleh Google atau jika Google membuat langkah yang penting.

Salah satu perusahaan baru yang belakangan ini sedang panas adalah Facebook. Beberapa posting ke depan akan membicarakan Facebook.

Facebook adalah jaringan sosialisasi global. Pengguna Facebook dapat menambah teman dan mengirim pesan ke mereka, juga dapat selalu membaharui profil pribadi mereka yang dapat digunakan untuk pemberitahuan kepada jaringan mereka tentang diri mereka. Sebagai tambahan, pengguna Facebook dapat bergabung dengan kelompok yang diurus oleh pemerintah kota, tempat kerja, sekolah, bahkan kelompok agama. Nama Facebook didapatkan dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa di universitas ketika memulai tahun ajaran untuk mengenal mahasiswa lainnya.


Mark Zuckerberg mendirikan Facebook bersama teman sekamarnya dan teman sekolahnya, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes ketika dia kuliah di Universitas Harvard. Pada awalnya, keanggotaan Facebook terbatas hanya untuk mahasiswa Harvard, tapi kemudian dikembangkan ke sekolah lain di daerah Boston, sekolah-sekolah elit, dan Universitas Stanford. Kemudian ini dikembangkan lagi dan dibuka untuk mahasiswa di universitas-universitas lainnya di USA dan akhirnya keanggotaan Facebook dibuka untuk siapa saja dengan umur minimal 13 tahun. Facebook saat ini memiliki jumlah anggota lebih dari 300 juta di seluruh dunia.


Facebook telah membuat beberapa kontroversi. Facebook telah diblok beberapa kali di beberapa negara, termasuk Siria, China, dan Iran. Facebook juga telah diblok di banyak tempat kerja untuk mengurangi jumlah waktu yang terbuang oleh karyawan untuk menggunakan Facebook. Kebebasan pribadi juga telah menjadi masalah bagi Facebook, dan masalah ini sudah beberapa kali terjadi. Facebook juga telah terlibat dalam kasus kode sumber (source kode) dan paten (intellectual property) yang telah diselesaikan dengan pembayaran sejumlah uang.


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Compete.com pada Januari 2009, menempatkan Facebook sebagai servis jaringan sosial yang paling digunakan di dunia, diikuti oleh MySpace di tempat kedua.

No comments:

Post a Comment