07 November 2009

Facebook - Catatan 2: Sejarah

Mark Zuckerberg (pendiri utama Facebook) mendirikan Facemash pada 23 Oktober 2003 di tahun kedua di Universitas Harvard. Facemash adalah "Hot or Not" versi Universitas Harvard. Malam itu, Mark sedang menulis blog tentang seorang perempuan yang telah mencampakan dia dan berusaha untuk memikirkan sesuatu yang dapat membuat dia melupakan perempuan itu.

Di bawah ini beberapa posting blog dari Mark Zuckerberg malam itu:


Saya sedikit mabuk, tidak akan berbohong. Jadi kenapa memang kalau ini belum juga jam 10 malam dan hari Selasa malam? Apa? Buku keanggotaan asrama Kirkland sedang dibuka di komputer saya dan beberapa orang ini memajang foto mereka yang sangat heboh. Saya hampir ingin memasang foto mereka berdampingan dengan foto hewan dan biarkan orang-orang menggunakan hak pilih mereka untuk menentukan mana yang lebih menarik.

Iya, ini sekarang beroperasi. Saya tidak yakin bagaimana hewan akan pas dengan semua ini (kamu tidak akan pernah bisa yakin dengan hewan...), tapi saya suka ide untuk membandingkan dua orang bersama-sama.


Mari kita mulai hacking.


Menurut Harvard Crimson, surat kabar mahasiswa Universitas Harvard, Facemash menggunakan foto dari buku anggota sembilan asrama, menempatkan dua foto bersamaan dan meminta pengguna untuk memilih orang mana yang lebih menarik (cantik atau ganteng). Untuk menghasilkan ini, Mark meng-hack sistem komputer Universitas Harvard dan menyalin foto-foto dari data identitas asrama.

Pada saat itu,Universitas Harvard tidak memiliki daftar mahasiswa dengan foto dan informasi mahasiswa dan halaman internet ini menarik 450 pengunjung yang melihat 22 ribu foto dalam 4 jam pertama halaman internet ini online. Konsep halaman internet ini dimana informasi online merupakan representasi dari identitas asli mereka menjadi dasar berdirinya Facebook.


"Mungkin Universitas Harvard akan membiarkan masalah ini untuk alasan hukum tanpa menyadari potensinya dengan kemungkinan untuk meluaskan ke sekolah-sekolah lain (bahkan mungkin sekolah dengan orang-orang menarik...)," Mark menulis ini di blog pribadi dia. "Tapi satu hal yang pasti, saya seorang bajingan untuk membuat halaman internet ini. Tetapi, seseorang harus melakukan ini akhirnya..." Halaman internet itu dengan cepat diteruskan ke beberapa grup di Universitas Harvard namun beberapa hari kemudian ditutup oleh tata usaha Universitas Harvard. Mark dituntut oleh tata usaha dengan pelanggaran keamanan, pelanggaran hak cipta dan pelanggaran rahasia pribadi dan menghadapi kemungkinan dikeluarkan dari universitas, namun pada akhirnya semua tuntutan dibatalkan.


Mark memperluas projek ini di semester yang sama dengan membuat alat studi untuk mata pelajaran sejarah dengan memajang 500 gambar ke sebuah halaman internet, dengan satu gambar per halaman dengan area untuk memberikan komentar tentang gambar itu. Dia membuka halaman itu untuk teman-teman kelasnya dan orang mulai berbagi komentar mereka. "Profesor kelas itu mengatakan bahwa projek Mark mendapat nilai terbaik dari semua nilai yang pernah dia berikan. Itu adalah projek sosial pertama. Dengan Facebook, saya ingin membuat sesuatu yang dapat membuat Harvard lebih terbuka," Mark mengatakan ini dalam wawancara dengan TechCrunch.

No comments:

Post a Comment