10 November 2009

Facebook - Catatan 3: The Facebook

Semester selanjutnya, Mark mulai menulis program komputer untuk website baru pada Januari 2004. Dia terinspirasi oleh sebuah tulisan di Harvard Crimson tentang kejadian Facemash. Mark mengatakan bahawa ini sangat jelas bahwa teknologi untuk menciptakan website yang terpusat terlah tersedia. Banyak sekali kegunaannya. Pada tanggal 4 Februari 2004, Mark meluncurkan "The Facebook", dengan alamat internet thefacebook.com. Semua orang telah membicarakan tentang website pusat untuk buku foto di Harvard menurut Mark. Mark juga berkata bahwa ini sangat memalukan bagi Universitas Harvard untuk menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membuat sesuatu seperti ini sedangkan Mark dapat membuat ini dalam waktu yang sangat singkat. Setelah program untuk website The Facebook, Mark dan beberapa temannya meluncurkan website ini. Dalam waktu 24 jam, sudah terdapat antara 1,200 sampai 1,500 pendaftar.

Pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa S1 di Harvard telah mendaftar menjadi anggota The Facebook. Eduardo Saverin (aspek bisnis), Dustin Moskovitz (pemrogram), Andrew McCollum (seni grafik), dan Chris Hughes tidak lama kemudian bergabung dengan Mark Zuckerberg untuk membantu mempromosikan website ini. Pada bulan Maret 2004, Facebook telah dikembangkan ke Universitas Stanford, Universitas Columbia, dan Universitas Yale. Perkembangan ini terus berlanjut ketika Facebook dibuka untuk semua universitas elit dan sekolah di sekitar Boston, dan kemudian ke universitas-universitas di Kanada dan Amerika Serikat. Facebook dijadikan perusahaan di musim panas 2004 dan pengusaha Sean Parker yang telah menjadi penasihat Mark menjadi presiden perusahaan. Pada Juni 2004, Facebook memindahkan operasi-nya ke Palo Alto di California. Perusahaan ini tidak lagi menggunakan "The" di depan namanya setelah membeli domain facebook.com pada 2005 seharga US$200.000.


Facebook meluncurkan versi untuk sekolah menengah atas (SMA) pada September 2005. Pada waktu itu, untuk menjadi anggota diperlukan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian mengembangkan keanggotaannya ke karyawan beberapa perusahaan, seperti Apple dan Microsoft. Facebook akhirnya dibuka untuk siapa saja dengan umur minimal 13 tahun pada 26 September 2006. Pada Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.

No comments:

Post a Comment