02 November 2009

Google - Catatan 12

Penawaran kepada Publik dan Kebudayaan Perusahaan
Banyak orang berspekulasi bahwa Penawaran kepada Publik Google akan menyebabkan perubahan pada kebudayaan perusahaan karena pemilik saham akan memberikan tekanan untuk mengurangi fasilitas untuk karyawan atau karena banyak karyawan Google yang tiba-tiba menjadi miliuner di atas kertas. Dalam laporan yang diberikan kepada calon penanam modal, Sergey Brin dan Larry Page berjanji bahwa Penawaran kepada Publik tidak akan merubah kebudayaan perusahaan. Larry Page di kemudian hari berkata, "Kita berpikir banyak tentang bagaimana caranya untuk mempertahankan kebudayaan perusahaan dan unsur kegembiraan. Kita menghabiskan banyak waktu untuk membuat kantor kita benar. Kita pikir ini sangat penting untuk memiliki kepadatan karyawan yang tinggi. Karyawan berkumpul di mana-mana di kantor Google. Kita semua berbagi tempat kerja. Kita menyukai setelan kantor seperti ini sebab kantor kita lebih berasa seperti kampus universitas daripada kompleks perkantoran di pinggir kota."

Namun, banyak pengamat menemukan seiring dengan pertumbuhannya, Google lebih berasa seperti perusahaan. Pada tahun 2005, artikel di The New York Times dan beberapa sumber lainnya mulai menganjurkan bahwa Google telah kehilangan filosofi anti perusahaan dan tidak berbuat iblis. Dalam usahanya untuk mempertahankan kebudayaan perusahaan yang unik, Google telah menunjuk eksekutif dalam bidang kebudayaan pada tahun 2006. Tujuan utama dari penunjukan ini adalah untuk mengembangkan dan mempertahankan kebudayaan perusahaan dan memastikan bahwa nilai-nilai utama perusahaan tetap terjaga.

Kedermawaan 


Pada tahun 2004, Google membentuk sayap kedermawaan mereka, Google.org, dengan dana awal US$1 miliar. Misi dari organisasi ini adalah untuk mengembangkan kesadaran tentang perubahan cuaca, kesehatan umum, dan kemiskinan. Salah satu projek pertama Google.org adalah mengembangkan kendaraan listrik yang dapat menempuh 100 miles dengan 1 galon bahan bakar (42 kilometer dengan 1 liter). Pendiri organisasi ini adalah Dr. Larry Brilliant dengan direkturnya Megan Smith.


Pada tahun 2008 Google mengumumkan "projek 10^100" yang menerima ide dari publik tentang bagaimana menolong komunitas dan kemudian Google akan memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk memilih ide favorit mereka.

Kenetralan Internet (Network Neutrality)


Google adalah pendukung dari Kenetralan Internet. Menurut petunjuk Google tentang Kenetralan Internet:

"Kenetralan internet adalah prinsip bahwa pengguna internet memiliki kontrol terhadap isi internet yang mereka lihat dan jenis aplikasi yang mereka gunakan di Internet. Internet telah beroperasi menggunakan prinsip ini sejak masa awalnya... Pada dasarnya, Kenetralan Internet adalah tentang akses ke Internet yang berimbang. Dalam pandangan kita, penyedia jasa akses ke Internet seharusnya tidak diijinkan untuk menggunakan kekuatan pasar mereka untuk mendiskriminasi aplikasi atau isi Internet yang bersaing dengan mereka. Sama seperti perusahaan telepon yang tidak diijinkan untuk menentukan siapa yang bisa ditelepon oleh penggunanya atau apa yang dikatakan di telepon, penyedia jasa akses ke Internet seharusnya tidak dibolehkan untuk menggunakan kekuatan pasar mereka untuk mengontrol aktivitas di Internet."

Pada tanggal 7 Februari 2006, Vinton Cerf, salah satu penemu protokol Interner (Internet Protocol/IP), dan wakil president di Google, dalam kesaksiannya di depan Kongres, mengatakan "membolehkan penyedia jasa akses ke internet mengontrol apa yang orang lihat dan lakukan di internet pada dasarnya mengurangi prinsip yang telah membuat Internet sukses."

No comments:

Post a Comment