01 November 2009

Monterey, California

Akhir minggu lagi dan saya kali ini memiliki kesempatan untuk jalan-jalan ke daerah Monterey yang terletak sekitar 130km dari San Jose ke arah selatan. Kota Monterey adalah salah satu tujuan wisata dengan beberapa tempat yang terkenal seperti Akuarium Monterey Bay, daerah pengalengan, dermaga nelayan dan festival musik jazz tahunan.


Pada jaman pra-sejarah, suku Rumsen Ohlone, satu dari tujuh kelompok Ohlone yang unik di California, menempati daerah yang sekarang dikenal sebagai Monterey. Mereka hidup dari berburu, memancing dan mengumpulkan makanan dari alam. Tidak banyak peninggalan dari suku ini yang masih dapat ditemukan.


Pertama kali didirikan pada tahun 1770 oleh Pendeta Junipero Serra dan Gaspar de Portola (gubernur Baja dan Alta California dari 1767 sampai 1770 dan penemu San Diego dan Monterey), Monterey menjadi ibu kota California dari 1777 sampai dengan 1849, di bawah bendera Spanyol dan Meksiko. Gaspar de Portola mendirikan benteng Monterey untuk pertahanan terhadap serangan Rusia. Pada tanggal 3 Juni 1770, Junipero Serra mendirikan Gereja Katedral San Carlos Borromeo yang juga dikenal sebagai Kapel Royal Presidio. Pada tahun 1789 gereja ini habis karena kebakaran dan diganti dengan struktur batu bata. Kapel Royal Presidio adalah gereja katedral tertua (dan terkecil) bersama dengan Gereja Katedral St. Louis di New Orleans, Lousiana.


Kota ini pada awalnya adalah satu-satunya jalan masuk ke California untuk barang-barang yang dikenai pajak. Semua pengiriman melalui laut ke California diharuskan melewati kantor bea cukai, gedung pemerintah tertua di negara bagian California. 


Monterey juga adalah tempat pada tanggal 7 Juli 1846 pada pertempuran Monterey antara Meksiko dan Amerika. Pada tanggal ini, John D. Sloat, Komodor Angkatan Laut USA, menaikkan bendera USA di atas Kantor Bea Cukai dan menyatakan California sebagai bagian dari USA.


Selain itu, Monterey juga adalah tempat untuk banyak "pertama kali" California, termasuk bioskop pertama, rumah batu bata pertama, sekolah umum pertama, gedung umum pertama, perpustakaan umum pertama, dan percetakan pertama di California. Percetakan pertama ini mencetak surat kabar pertama, The Californian.


Monterey telah lama dikenal dengan industri perikanannya yang bersumber dari teluk Monterey. Perubahan terjadi di tahun 1950-an, ketika bisnis perikanan lokal ambruk karena aktifitas pemancingan yang berlebihan. Kabin-kabin tua dari nelayan yang ditinggalkan telah dilindungi dan menjadi salah satu tujuan wisata, Cannery Row (deretan pengalengan).


Monterey juga bersejarah sebagai pusat bagi pelukis California pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Beberapa pelukis tersebut adalah Arthur Frank Methews, Armin Hansen, Xavier Martinez, Rowena Meeks Abdy dan Percy Gray yang tinggal atau mengunjungi Monterey untuk melukis.


Selain pelukis, beberapa penulis terkenal juga pernah tinggal di Monterey dan sekitarnya, seperti John Steinbeck, Robinson Jeffers, Robert A. Heinlein, Henry Miller, Ed Ricketss, dan Robert Louis Stevenson.


Belakangan ini, Monterey juga dikenal untuk aktifitas kota ini dalam pelajaran bahasa lain selain Inggris. Monterey memainkan peranan penting dalam penyediaan servis penerjemah ke seluruh dunia. Pada bulan November 1995, Gubernur California, Pete Wilson, menyatakan Monterey sebagai "Ibu Kota Bahasa Dunia."

Tempat Wisata


Seperti diungkapkan di atas, sejarah adalah salah satu hal paling penting untuk ditinjau di Monterey. Selain itu, Monterey juga terkenal untuk aneka ragam kehidupan laut seperti singa laut, anjing laut, berang-berang, ikan pari, hutan rumput laut, burung undan dan lumba-lumba.


Terletak di ujung selatan Cannery Row, Akuarium Monterey Bay, salah satu yang terbesar di Amerika Utara, merupakan rumah bagi beberapa laboratorium ilmu kelautan. Lokasi geografi Monterey memberikan akses ke laut yang dalam dalam hanya beberapa jam dan hanya beberapa kilometer ke arah laut adalah tebing Monterey, tebing terbesar dan terdalam (3,2 kilometer) di lautan Pasifik di Amerika Utara.


Museum lainnya yang terkenal adalah MY Museum (Museum untuk Kalangan Muda di wilayah Monterey). Museum ini pada khususnya populer untuk anak-anak kecil, dan jaraknya dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari dermaga nelayan (Fisherman's Wharf), yang merupakan tujuan wisata populer.


Kehidupan laut menjadikan Monterey tujuan yang populer untuk penyelam baru maupun yang sudah ahli. Kelas menyelam diadakan di Pantai San Carlos yang telah terkenal sejak tahun 1960-an.


Deretan Pengalengan (Cannery Row) juga adalah salah satu tujuan wisata di Monterey dengan beberapa tempat di dalam gedung-gedung pengalengan. Beberapa perusahaan perikanan masih beroperasi di Cannery Row dalam gedung-gedung di dermaga yang jaraknya tidak jauh dari tempat-tempat wisata di sekitar Cannery Row.


Bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam sejarah California, Monterey menawarkan banyak museum dan lebih dari 30 gedung bersejarah yang dilindungi. Salah satu yang menarik adalah jalan pinggir dari tulang ikan paus yang merupakan satu-satunya di USA.


Beberapa tempat wisata lain yang terletak di sekitar Monterey adalah:

- Carmel-by-the-Sea (Kota pinggir laut Carmel)

- Garis pantai Big Sur
- Mengendarai mobil untuk 17 miles (17 Mile Drive)
- Pantai Pebble dengan salah satu lapangan golf terbaik di dunia
- Arena balap Laguna Seca

No comments:

Post a Comment