01 December 2009

Facebook - Catatan Terakhir

Karena kita semua sudah semakin akrab dengan Facebook, posting ini akan menjadi catatan terakhir tentang Facebook untuk sekarang. Ketika ada kejadian menarik atau spektakular tentang Facebook, saya akan buat lagi catatannya.

Catatan terakhir ini tentang tantangan yang Facebook hadapi dibandingkan dengan segala berita kesuksesannya:
  1. Tidak beroperasi - Facebook pernah mengalami beberapa kejadian di mana Facebook tidak beroperasi dan tidak dapat diakses. Pada tahun 2007 terjadi kegagalan keamanan dimana pengguna dapat membaca pesan milik pengguna lainnya. Pada tahun 2008, Facebook untuk satu hari tidak dapat diakses dari beberapa negara. Pada tanggal 16 September 2009, Facebook mulai mengalami beberapa masalah besar dan 3 hari berikutnya Facebook akhirnya tidak beroperasi lagi untuk kedua kalinya selama 2009. 
  2. Pembatasan umur - Facebook tidak secara aktif menerapkan batasan umur yang menyebabkan anak-anak dengan usia kurang dari 13 tahun menggunakan Facebook. Kasus ini telah meningkatkan kekhawatiran orang tua atas kemanan anak mereka.
  3. Larangan akses Facebook oleh pemerintah - Beberapa negara telah menerapkan larangan akses ke Facebook. Negara-negara tersebut adalah Siria, China, Iran, dan Vietnam. Khususnya untuk China, Facebook diblok setelah kerusuhan di Urumqi pada Juli 2009. Dikatakan bahwa Facebook digunakan oleh aktivis kemerdekaan sebagai alat komunikasi mereka. Pemerintah Vietnam mengeluarkan dokumen yang menginstruksikan penyedia layanan internet untuk memblok akses ke Facebook.
  4. Kebebasan pribadi - Isu yang satu ini telah menghantui Facebook sejak awal pendiriannya. Pada tahun 2005, dua orang mahasiswa MIT mampu mengambil 70,000 informasi pengguna Facebook untuk membuktikan tingkat keamanan Facebook sebagain bagian dari penelitian mereka. Pada May 2009, New York Times mengungkapkan bahwa alamat e-mail pribadi pengguna Facebook dapat diakses. Baru-baru ini, di akhir tahun 2009, Facebook merubah total peraturan kebebasan pribadi-nya. Peraturan yang baru merubah pengaturan kebebasan pribadi pengguna dari yang asalnya hanya untuk diakses oleh teman menjadi dapat diakses dan dilihat oleh umum kecuali pengguna secara proaktif mengganti pengaturan Facebook mereka. Beberapa foto dan jadwal kegiatan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, juga terbuka untuk umum pada masa transisi ini.
  5. Serangan internet - Seperti diperkirakan oleh Symantec pada tahun 2007, pengguna Facebook di seluruh dunia akan mengalami serangan phishing di internet. Pada May 2009, hackers dari Rusia menyerang ribuan akun Facebook dari server di Latvia dan China.

Tantangan Utama ke Depan

Di atas hanyalah beberapa dari tantangan yang Facebook hadapi saat ini. Ke depan, tantangan terbesar dari Facebook adalah bagaimana untuk sukses dari sisi keuangan setelah mengumpulkan 400 juta pengguna (data pada Februari 2010 - ulang tahun ke-6 Facebook).

No comments:

Post a Comment