15 May 2010

Biaya Hidup di Bay Area untuk Mahasiswa - 1

Salah satu topik yang biasanya sering didiskusikan adalah berapa sebenarnya biaya hidup di California, khususnya Bay Area. Saya akan mencoba untuk membahas topik ini dan mungkin akan dibagi menjadi beberapa bagian.

Biasanya orang mulai bertanya berapa sebenarnya biaya hidup di Bay Area ketika mereka mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di sini. Topik ini akan dibagi menjadi beberapa bagian utama: Sekolah, Tempat Tinggal, Makanan dan Keperluan Sehari-hari, dan Transportasi.

Sekolah

Daftar sekolah di Bay Area berdasarkan kategori biaya sekolahnya untuk pelajar internasional:

Rendah
Tinggi
* Klik universitas di atas untuk melihat biaya sekolahnya.
Selain sekolah-sekolah di atas, ada beberapa sekolah lainnya di Bay Area, sebagian dari mereka adalah cabang dari sekolah ternama seperti University of Pennsylvania - Wharton School dan Carnegie Mellon Silicon Valley. Kampus Bay Area untuk cabang ini hanya menawarkan program terbatas, seperti MBA untuk Eksekutif di Wharton atau Program Master untuk Computer Science di Carnegie Mellon. 


Ada juga beberapa universitas yang mulai dari program online dan membuka kampus di Bay Area, seperti University of Phoenix dan DeVry University.




Perkiraan biaya sekolah di atas berdasarkan program S1 untuk pelajar internasional (visa F-1) tahun pertama. Sebagian besar universitas di California memiliki program residen California. Pelajar (termasuk pelajar internasional) dapat mengajukan penggolongan dirinya sebagai residen California setelah tinggal di California selama satu tahun. Universitas akan meminta beberapa dokumen sebagai bukti, antara lain ijin menyetir (SIM) California, tagihan listrik/air, surat kontrak tempat tinggal/apartemen, dll. Setelah pelajar digolongkan sebagai residen California, pelajar tidak perlu membayar biaya non-residen (pengurangan biaya ini bisa sampai 30% dari biaya sekolah).


Selain biaya sekolah, ada biaya-biaya lain berhubungan dengan sekolah, antara lain:
  • Asuransi kesehatan (harus dimiliki oleh pelajar internasional) - kurang lebih US$100 per bulan
  • Buku dan keperluan alat-alat sekolah - kurang lebih US$1.000 / tahun
  • Kegiatan di luar kelas seperti laboratorium, fasilitas kampus, dll.

No comments:

Post a Comment