18 October 2010

Union Square - Perkenalan

Union Square adalah suatu area seluas 11.000 m2 di pusat San Francisco yang berfungsi sebagai ruang publik. Berbagai kegiatan publik, konser, dan pertunjukan seni banyak dilangsungkan di tempat ini. 

Selain sebagai ruang publik, daerah ini menjadi terkenal karena daerah sekelilingnya yang berisi pusat perbelanjaan, galeri seni , dan teater. 

Salah satu kegiatan yang diadakan di Union Square ada hari Indonesia. Hari Indonesia ini diorganisasi oleh Konsulat Jendral Indonesia di San Francisco, diadakan bulan Agustus setiap tahunnya untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Tahun ini, 2010, aktris dan penyanyi Indonesia, Sophia Latjuba, ikut memeriahkan acara tahunan ini. Selain kegiatan seni dan konser, hari Indonesia juga diramaikan oleh kios-kios makanan Indonesia di sekeliling Union Square. Untuk satu hari itu, Union Square dipenuhi oleh masyarakat Indonesia di San Francisco dan sekitarnya (walaupun ada juga yang datang dari kota-kota lain).



Asal mula nama Union Square karena daerah ini merupakan tempat berkumpulnya para pendukung Union Army pada saat perang sipil (Civil War) tahun 1861-1865. Seiring dengan perkembangan waktu, daerah ini mengalami beberapa perubahan hingga akhirnya seperti yang berdiri sekarang ini. Perubahan pertama adalah pembangunan monument setinggi 30 meter untuk menghormati kemenangan George Dewey di pertempuran Manila Bay pada saat perang antara Amerika dan Spanyol (1898). Perubahan kedua yang signifikan adalah pembangunan tempat parkir bawah tanah (underground parking garage) di Union Square sekitar tahun 1939-1941. Tempat parkir bawah tanah ini merupakan tempat parkir bawah tanah pertama di dunia.

Beberapa catatan ke depan tentang Union Square akan membahas sejarahnya dan tempat-tempat menarik di sekitar Union Square.

No comments:

Post a Comment