28 December 2010

Berkapal Pesiar - Oasis of the Seas Hari 3

Wow, ini hari Senin dan saya merasa ini masih weekend. Mungkin itu tujuannya liburan. Masih belum terbiasa.

Anyway, hari ini acara utama adalah berlabuh di Labardee, Haiti. Pertama kali saya dengar kalau kita berlabuh di Haiti, saya sempat sedikit khawatir karena banyaknya laporan keamanan dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dan adanya wabah kolera. Namun ternyata pelabuhan yang didatangi adalah bagian dari pulau pribadi dan terisolasi dari bagian Haiti lainnya. Sejujurnya, saya malah sedikit kecewa karena saya ingin lihat bagaimana sebenarnya Haiti itu.


Sayangnya, waktu kita keluar dari kapal, ternyata hujan cukup deras. Kami tetap pergi ke daratan untuk melihat Haiti. Kelihatannya daerah ini dikembangkan oleh perusahaan Royal Caribbean untuk kepentingan pariwisata. Hal yang menarik adalah orang lokal cukup agresif untuk membuat pengunjung membeli barang mereka. Seperti diungkapkan di atas, sebenarnya ini untuk mengecewakan untuk saya pribadi karena bagian dari pulau ini sepenuhnya dikembangkan untuk kepentingan pariwisata.





Secara tidak sengaja hari ini saya mendengar percakapan seorang anggota krew dari Indonesia. Menurut dia ada sekitar 200 crew dari Indonesia. Berdasarkan persentase, itu sebenarnya cukup impresif. Total crew adalah 2.100. Berarti crew dari Indonesia sekitar 10%. Good job!

Malamnya kamu menonton pertunjukan yang dinamakan Oasis of Dreams. Para pemain pertunjukan ini kebanyakan adalah atlet lompat indah.

No comments:

Post a Comment