28 December 2010

Berkapal Pesiar - Oasis of the Seas Hari 5


Hari ke-5 adalah acara di Cozumel, Mexico. Dari sekian banyak kegiatan atau acara tour yang ditawarkan, kita memilih untuk mengunjungi sisa-sisa peninggalan dari suku Tulum Maya.

Setelah turun dari kapal, kita pindah ke kapal feri untuk menuju kota Playa dari Cozumel. Perjalanan dengan feri kurang lebih 45 menit. Kota Playa ini sendiri menurut tour guide kita adalah kota yang baru berkembang dari pariwisata dengan penduduk kurang lebih 200.000 orang.




Perjalanan ke tempat peninggalan suku Tulum Maya dilanjutkan dengan bis kurang lebih 45 menit.


Bangsa Maya adalah penduduk asli Mexico sebelum Spanyol datang dan menduduki Mexico. Suku Maya dikenal sebagai suku dengan berbagai ilmu pengetahuan modern di masa lalu. Sistem penanggalan suku Maya juga digunakan sebagai dasar pembuatan film fiksi 2012 dimana di dalam film itu diceritakan bahwa bumi akan mengalami bencana besar di tahun 2012.

Jalan masuk ke reruntuhan peninggalan suku Tulum Maya





Tempat peninggalan ini sendiri sangat menarik dimana mereka menggunakan bangunan-bangunan untuk menentukan waktu dan penanggalan. Waktu dan penanggalan ini digunakan untuk mengadakan upacara keagamaan.

Pada saat ditemukan, arkeolog merasa aneh sebab sepertinya arah bangunan suku Tulum Maya ini tidak sesuai dengan arah mata angin. Arah utara melenceng dari arah utara yang ditunjukan oleh kompas/magnet bumi. Namun setelah penelitian dan penemuan lebih lanjut, suku Tulum Maya dengan sengaja membangun kota ini seperti itu untuk keperluan penanggalan menggunakan matahari. Hal ini diperkuat dengan penemuan satu bangunan yang menunjukan arah utara yang sesuai dengan magnet bumi.

Hal lainnya yang menarik adalah penemuan batu yang berbentuk piramid. Batu ini digunakan sebagai tempat memberikan persembahan kepada dewa matahari. Bentuk persembahan adalah manusia hidup yang dicat biru. Persembahan ini diletakan di atas batu dipegang oleh empat orang, kemudian dibelah dadanya, diambil hatinya untuk dipersembahkan kepada dewa matahari. Yang dijadikan persembahan biasanya adalah hasil penangkapan dari perang dengan suku lainnya. Bangsa Maya sendiri dikenal sebagai bangsa yang suka berperang dengan grup Maya lainnya.

Bangunan tempat ibadah dimana ditemukan batu berbentuk piramid untuk persembahan

Setelah berkeliling dan mengambil beberapa foto, kita diantar kembali ke feri untuk kembali ke Cozumel sebelum kembali ke kapal pesiar. Kita mendapatkan kesempatan untuk berjalan-jalan sedikit di Cozumel. Kota Cozumel ini sangat mirip Bali, di pinggir pantai dan dipenuhi turis. Kebanyakan adalah toko-toko menawarkan suvenir dan tempat makan.


No comments:

Post a Comment