06 February 2011

San Jose, California - 1

Artikel ini adalah mengenai kota San Jose, California. Untuk beberapa artikel ke depan, akan kita bahas kota-kota menarik di California yang namanya mungkin sudah pernah didengar.

Per Wikipedia, San Jose (diucapkan seperti 'San Hose' yang berarti Saint Joseph dalam bahasa Spanyol) adalah kota terbesar ketiga di California dan kesepuluh di Amerika Serikat. San Jose terletak di sebelah selatan San Francisco. Dahulu San Jose adalah kota perkebunan. San Jose mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat cepat mulai dari tahun 1950-an sampai dengan sekarang. San Jose sekarang adalah kota dengan populasi, tanah, dan daerah industri terbesar di daerah San Francisco Bay Area. Penduduk San Jose berdasarkan sensus tahun 2004 sekitar 964 ribu jiwa.

San Jose didirikan pada tanggal 29 November 1777, dengan nama El Pueblo de San Jose de Guadalupe, kota pertama di daerah jajahan Spanyol di Nueva California yang kemudian berubah nama menjadi Alta California. Kota ini berperan sebagai komunitas perkebunan untuk mendukung pangkalan militer Spanyol di San Francisco dan Monterey. Ketika California dimasukan menjadi negara bagian pada tahun 1850, San Jose adalah ibu kota-nya.

Setelah lebih dari 150 tahun sebagai pusat agrikultur, San Jose mengalami permintaan untuk perumahan yang meningkat dari tentara dan veteran setelah kembali dari Perang Dunia II.

Dilatar belakangi oleh perkembangan industri teknologi lokal, pada tahun 1990-an San Jose dinamakan Capital of Silicon Valley. Silahkan baca tentang Silicon Valley dari artikel saya sebelumnya disini.
Geografi

Berdasarkan Biro Sensus, luas San Jose adalah 461,5 km-persegi dengan kurang lebih 8,6 km-persegi adalah air.

San Jose terletak di antara dua piringan bumi, San Andreas (sumber gempa bumi Loma Prieta tahun 1989) dan Calaveras. San Jose biasanya diguncang gempa ukuran menengah (lebih dari 4 skala richter) satu atau dua kali per tahun. Gempa bumi paling serius adalah tahun 1906 yang merusak ratusan gedung di San Jose. Piringan bumi lainnya yang terletak di sekitar San Jose adalah Monte Vista dan Hayward.

Titik terendah San Jose adalah 4 meter di bawah permukaan laut dengan titik tertinggi 1.333 meter di atas permukaan laut. San Jose terletak dekat Lautan Pasifik dan teluk San Francisco.



Cuaca

San Jose memiliki iklim cuaca yang dinamakan Subtropical Mediterranean. San Jose memiliki 300+ hari dengan matahari setiap tahunnya. Berbeda dengan San Francisco yang langsung berhadapan dengan laut, San Jose dikelilingi oleh gunung di tiga sisi-nya. Hal ini menyebabkan curah hujan yang lebih kecil dibandingkan kota-kota lainnya di Bay Area.

Pada bulan Januari, rata-rata suhu tertinggi adalah 15 derajat Celcius dan terendah 6 derajat Celcius. Bulan Juli, rata-rata suhu tertinggi adalah 29 derajat Celcius dan terendah 13 derajat Celcius. Suhu tertinggi yang pernah dirasakan di San Jose adalah 44 derajat Celcius (19-23 Juli 2006) dan suhu terendah adalah minus 8,3 derajat Celcius (tahun 1990).


City Hall - San Jose
Tempat Menarik

Beberapa tempat menarik di San Jose adalah Museum Anak-anak, Taman Sejarah di Kelley Park, Basilika Katedral St. Joseph, Plasa Cesar Chavez, Perpustakaan Dr. Martin Luther King, Jr., Mexican Heritage Plaza, Museum Egyptian Rosucrucian, Lick Observatory, Hayes Mansion, HP Pavilion, Hotel De Anza, Stadium San Jose, Stadium Spartan, Japantown, Rumah Misteri Winchester, Raging Waters, Plasa Circle of Palms, King and Story, San Jose City Hall, Pasar Tradisional San Jose, dan Museum Teknologi dan Inovasi.





Artikel lanjutan akan mendiskusikan Demografi, Ekonomi, Hukum dan Pemerintahan, Kesenian dan Arsitektur, Olahraga, Transportasi, Keperluan Dasar, Pendidikan, dan Daya Tarik San Jose.




No comments:

Post a Comment