05 June 2011

Hari Libur/Peringatan Nasional Amerika Serikat - 1

Well, salah satu topik yang paling menyenangkan untuk dibicarakan tentunya liburan. Posting-an seri ini akan membahas tentang hari libur/peringatan nasional di Amerika Serikat. Fokus-nya adalah hari libur/peringatan federal yang khusus di sini bukan yang dirayakan secara global/umum seperti Tahun Baru. Selain penjelasan mengenai hari libur tersebut, kita akan bahas juga apa yang dilakukan orang-orang disini pada hari-hari tersebut.

Beberapa hari libur yang khusus di Amerika Serikat dan perkiraan waktunya adalah:


1. Martin Luther King, Jr. Day - hari Senin ketiga bulan Januari
2. Washington's Day - Senin ketiga bulan Februari
3. Memorial Day - Senin terakhir bulan Mei
4. Independence Day - 4 Juli
5. Labor Day - Senin pertama bulan September
6. Columbus Day - Senin kedua bulan Oktober
7. Thanksgiving - Kamis keempat bulan November
8. Veterans Day - 11 November


Sumber: Wikipedia

1. Martin Luther King, Jr. Day

Hari peringatan nasional ini adalah untuk menghormati hari ulang tahun Dr. Martin Luther King, Jr., 15 Januari. Melalui regulasi Hari Libur Senin, hari nasional ini diperingati pada Senin ketiga bulan Januari. Presiden Ronald Reagen menandatangani hari peringatan ini ke dalam keputusan pemerintah pada tahun 1983 dan untuk pertama kali diterapkan pada 20 Januari 1986. Awalnya beberapa negara bagian menolak atau mengkombinasikan hari libur nasional ini dengan hari libur lainnya. Pada tahun 2000, untuk pertama kalinya semua 50 negara bagian merayakan hari libur ini secara resmi.
 

Banyak pertentangan selama proses menjadikan hari ini sebagai hari peringatan nasional. Salah satu argumen dari pihak yang menentang adalah tentang tidak ada masyarakat biasa yang dirayakan secara nasional di Amerika Serikat. Hanya ada dua orang yang dirayakan secara nasional: a) George Washington, Presiden pertama Amerika Serikat, dan b) Christopher Columbus, penemu benua Amerika.
 

Setelah ditentang, King Center beralih untuk mendapatkan dukungan dari komunitas bisnis dan publik. Kesuksesan strategi ini ditunjukan juga dengan dukungan dari penyanyi Stevie Wonder yang meluncurkan lagu Happy Birthday pada tahun 1980 dan keberhasilan pengumpulan 6 juta tanda tangan untuk mempetisi Kongres.

Keputusan dari pemerintah federal mengajak masyarakat Amerika Serikat untuk melakukan aksi sukarela dalam merayakan hari peringatan nasional ini. Institusi keuangan dan badan pemerintah libur hari ini.

2. Washington's Birthday


Hari nasional ini juga dikenal sebagai Presidents Day. Hari libur federal ini dirayakan setiap hari Senin ketiga bulan Februari. Hari nasional ini adalah untuk menghormati George Washington. Hari nasional ini pertama kali diimplementasikan tahun 1880 untuk negara bagian Washington D.C. dan tahun 1885 diimplementasikan untuk semua negara bagian.


Awalnya hari libur ini dirayakan pada hari ulang tahun George washington, 22 Februari. Melalui keputusan pemerintah tahun 1971 melalui regulasi Hari Libur Senin, Washington's Birthday diganti menjadi hari Senin ketiga bulan Februari.


Salah satu alasan kenapa hari libur nasional ini juga dikenal sebagai Presidents Day adalah untuk merayakan hari ulang tahun Lincoln, 12 Februari. Di awal tahun 1980-an dengan dorongan dari pemasang iklan, nama Presidents Day mulai digunakan secara publik. Kurang lebih selusin negara bagian telah secara resmi mengganti nama hari libur nasional ini menjadi "Presidents' Day" atau "Washington and Lincoln Day" atau nama lainnya.
 

Sekarang ini toko-toko pada khususnya dealer mobil mengadakan promosi dan diskon pada hari nasional ini untuk menarik pembeli. Sampai akhir 1980-an, banyak perusahaan tutup pada hari ini, namun tidak lagi sekarang ini. Badan pemerintah dan institusi keuangan seperti Wall Street tidak bekerja pada hari ini.

3. Memorial Day

 
Hari nasional ini sebelumnya dikenal sebagai Decoration Day yang dirayakan oleh Freedmen (budak orang hitam yang dibebaskan) di Charleston, South Carolina tahun 1865, untuk mengingat tentara persatuan di Perang Sipil. Seiring waktu, setelah Perang Dunia I, peringatan ini dikembangkan untuk mengenang semua korban perang yang tergabung dalam angkatan perang Amerika Serikat.


Nama Memorial Day pertama kali digunakan tahun 1882. Namun nama ini tidak umum sampai Perang Dunia II usai, dan baru diresmikan oleh Hukum Federal pada tahun 1967. Dimulai untuk mengenang korban perang setelah Perang Sipil, sejak awal abad ke-20 Memorial Day lebih digunakan sebagai waktu untuk mengenang mereka yang telah meninggal. Biasanya orang mengunjungi pemakaman pada hari ini. Hari nasional ini juga telah menjadi akhir minggu panjang yang digunakan untuk berbelanja, berkumpul bersama keluarga, perayaan kembang api, ke pantai, dan event nasional seperti balap mobil Indianapolis 500 sejak tahun 1911.


Selain itu, kebiasaan lainnya ada mengibarkan bendera setengah tiang dari sebelum matahari terbit sampai jam 12 siang. Memorial Day juga digunakan sebagai tanda dimulainya musim panas di Amerika Serikat.

No comments:

Post a Comment